23

6 Agustus 2020. Gue sudah berusia 23 tahun. Basi banget gasih baru tulis sekarang? Hehehe gapapa deh, gue mau tulis disini biar gue inget terus. 

Jadi, dalam rangka ulang tahun gue yang ke 23, gue punya niat untuk memperbaiki diri jadi pribadi lebih baik lagi. So i ask my friends, "What is the bad thing about me that I need to change or stop?"

here is the answer.

1. Insecure

Kalo lo kenal baik gue, insecure emang menjadi sahabat gue sih. Gue ga ngebantah, karena emang benar adanya. Yah, semua orang pasti pernah insecure kan ya? Tau lah rasanya kayak apa. Bikin lo suuzon terus sama diri sendiri dan merasa rendah diri terus. Gabaik sih, tapi menurut gue terkadang bisa digunakan sebagai self reflection. So you know yourself more, understand yourself more, and imboost the self love.

2. Slebor

:) maaf ya teman-teman serta keluarga atau rekan lainnya yang pernah menjadi korban kesleboran gue HAHA. Dari mecahin magnet sekolah, mecahin gelas restoran, sampe lupa matiin keran abis cuci tangan di restoran ITU JUGA KELAKUAN GUE (bener bener lu ran). Hehe ini emang gabaik banget!!! Jujur emang gue suka grasak grusuk karena pengennya tuh cepet-cepet kelar gitu. Tapi semoga rani kedepannya jadi lebih baik yaa dan ga bikin masalah mulu. #np AMIN PALING SERIUS

3. Put too much expectation

Yah, gue agak setuju sih sama ini. Abis gimana ya... gue tipe orang yang yes or no. kalo iya, iyaaa banget. kalo engga, ya engga sama sekali. Jadi saat gue punya ekspektasi, gue bakal pol2an. dan ujung2nya ya kadang mengecewakan diri gue. Karena gue selalu mikirnya "Ya kalo itu gue, gue akan gini gini gini" tapi gue suka lupa sih, not everyone has the same heart as you. Tapi gimana juga, karena gue udah cape juga ye sedih2 mulu... ya harus kurang-kurangin sih. Tapi jadi gaseru gasih? idup kayak gada usahanya gitu (?) HAHA yaaah semoga gue bisa ga expect apa2 deh dari hidup ini. Beler mulu, gabosen ran?

4. Mau menang sendiri

Jujur gue agak kureng aja si sama yang ini. Karena gue malah ngerasanya kebalikan, gue people pleaser banget LOL ngalah mulu (kasian). Ya mungkin emang dasarnya hati nurani gue ni baik ye, anaknya gategaan. Tapi sih kayaknya yg dimaksud disini adalah pas lagi argumen gitu. Entah karena suara gue yang kekencengan jadi kesannya ngotot apa emang karena gue anaknya suka ribut gatau sih. Gue tuh tipe orang yang sabar, tapi kalo lo kelewatan, terus udah habis kesabaran gue, or you catch me at the bad time, gue bisa meledak banget. Gue orangnya tuh speak up about anything in my head. Gue berani buat marah2 kalo lo salah tapi lo malah ngeselin. Ya intinya sih kalo gue sampe marah sama lo tandanya lo udah parah banget. Terus karena emosi, jadi kesannya kayak mau menang sendiri ya? Tapi terimakasih masukannya, mari jadi pribadi yang lebih baik lagi!

5. Jangan gegabah

Ini agak mirip ya dengan slebor tadi. Gue emang anaknya suka excited gitu sama suatu hal terus jadinyaaaaaa gedebak gedebuk deh. Ada aja yang roboh lah, patah lah, rusak lah, dll. Hehehe gue agak hiperaktif sih emang. Tapi beneran deh, udah mau belajar ngurang-ngurangin itu penyakit kok! 

6. Nyatok yang bener

Monmaap ini dari temen gue beneran nulis gini. DISURUH NYATOK YANG BENER. Fyi ya guys, rambut gue kan keriting ya, terus gue agak bodoamat gitu sama rambut karena gue ngerasa fine2 aja. Dulu bahkan pas smp sma, gue kalo ke sekolah rambut masih basah abis keramas gitu tapi gue bener2 bodoamat, soalnya gue tau ntar pas kering juga gue cantik (SOK CAKEP LO JENGLOT) jadi gue super bodoamat gitu. Sekarang mulai lah gue belajar nyatok. Tapi emang karena temen2 gue udah lebih dulu nyatok, jadi tau banget gue kalo nyatok gabener hehehe karena GUE TAKUT RAMBUT GUE RUSAK kalo dicatok tiap hari, terus...... TANGAN GUE PEGEL (alesan bgst). kecuali ada yang mau nyatokin gue mah ayo aja deh. Terus temen2 gue suka kesel jadinya karena gue nyatoknya kayak gabener gitu wkwkw makasih ya teman-teman kalian perhatian banget!

7. Dont share too much on social media

Yup, mau gue ngelak segimanapun, tetep ini benar. Terlalu expose apa apa di sosmed emang gabaik. Tapi emang sekarang apa apa pake sosmed kan. Diary aja juga di sosmed. jadi harus pinter-pinter aja tau yang mana yang harus di share dan engga. Eh tapi, sebenarnya share di sosial media itu ada perlunya juga lho. ya sekarang kan teknologi udah 4.0, udah serba digital juga... apalagi gue baru banget ni ngerasain, pentingnya menaruh bukti di sosmed wkwk eh ga penting juga sih sebenernya, cuman ya bisa jadi satu alternatif lah. Jadi gue tuh punya suatu platform untuk curhat. Salah satunya ya blog ini yang selalu menjadi baskom gue untuk mengeluarkan unek unek. Kenapa gue memilih curhat dan sambat di internet? Karena gue punya issue gitu deh. Tapi kan ran lo selalu dicurhatin sama semua orang. Ahhhhhh gue terlalu cape buat jelasin ke orang-orang. Hal ini selalu menjadi issue buat gue dari gue kecil, yang membuat gue pada akhirnya lebih milih 'ngomong sendiri' di sosmed. buat sekedar curcol atau sambat. Bisa diitung pake 1 tangan doang deh kira2 curhat sama siapa yang bener2 'masuk'.

8. Jangan terlalu menahan diri

i got this 'comment' from my old friend. tepatnya dimarahin. "Lo tuh ya cul, kebiasaan deh dari dulu. Kenapa sih kalo buat diri lo sendiri lo selalu 'mikir'? Egois sekali-kali gapapa dong. People pleaser banget tau ga lo! Mau denger yang sebenernya kan? Gue jujur aja ya, lo tuh terlalu menahan diri lo. Kebanyakan ngalah sama orang, kebanyakan mikirin orang lain dibanding diri lo. Coba deh lo pikir, kapan lo bahagia kalo lo selalu ngedahuluin orang lain? Lo tuh harusnya mikirin diri lo sendiri dulu, baru orang lain! Tuh dari gue!" .......wew, its reaaaaally hit me. Asli, kayak nampar gue banget. Gue kayak ikut tersadar. apalagi saat temen gue bilang kapan lo bahagia, ngena sih. seketika gue berfikir juga: Iyaya, sebenernya diri gue kayak gimana kondisinya? Kapan terakhir gue check up on myself? Dan orang yang mengerti hal ini pun sudah menilai gue bahwa gue mengarah ke people pleaser. which is not good. Karena lebih banyak dari porsi yang seharusnya. Thank you my friend, jadi sadar banget gue bahwa gue harus lebih sayang sama diri gue. Hahaha 

9. Kurangi berkata kasar

Kalo lo kenal gue dari SD SMP SMA, gue emang sering banget swearing/mengumpat garagara kesel. Apalagi SMA, wkwkwkw aduh ribet deh. Bisa ditanya ke temen2 gue, kelakuan gue gimana. Nah pas kuliah juga sama tapi agak mendingan deh tuh. Tapi yaaa gimana juga gue tau hal ini gabaik sih, jadi harus dikurangin.

10. Kalo mau foto jangan lama-lama

WKWKWK ini bener gue emang LAMA BANGET KALO MAU FOTO. karena gue anaknya insecure (BALIK KE AWAL) jadi gue gapede gitu. makanya lamaaa banget kalo mau foto karena gue tuh ga fotojenik, dan gue takut kalo gue foto terus aib nanti di pake pake terus fotonya. Temen2 gue pada kesel deh pokoknya wkwkw maaf yaa. Mohon pengertiannya

11. Kurangin pecicilan

Yak seperti yang gue bilang, gue emang rada hiperaktif. Dan temen gue menyarankan kurang kurangin berkelakuan tolol eh maksudnya pecicilan karena nanti dikiranya gue masih bocah padahal mah udah TUWIR

12. Kecilin suara

Monmaap ini agak sulit ya, karena suara gue emang kenceng banget dari sananya... tapi ya daripada gue diusir warga dan dianggap polusi suara, jadi emang harus pelan-pelan ngomongnya. Hehehe maaf ya guys ga bermaksud bikin kalian budeg, gue ga sengaja aja :(


Nah, sejauh ini hal tersebut yang jadi masukan dari teman2 gue yang harus gue ubah, katanya. Okay teman2!!! Terimakasih banget atas masukannya. it means a lot to me. makasih udah mau sharing mengenai bad thing gue ya. I love you guys.

-best regards,

RANI YANG TIDAK SEMPURNA

Komentar